Minggu, 23 Juni 2013

TALI PUTRI (Cassytha filiformis L)




Deskripsi Tanaman
Cassytha filiformis L. merupakan tanaman parasit atau setengah parasit yang terdapat di mana-mana, terutama di daerah tropis sampai ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut. Tanaman yang termasuk famili Lauraceae ini memiliki beberapa sebutan antara lain, akar pengalasan, guni guraci, rambut putri, dan sangga langit.

Batangnya berongga berukuran kecil seperti tali senar, berwarna hijau atau cokelat sindur dengan panjang mencapai 8 m. Batang ini merambat pada tanaman lain dengan membelit ke arah kiri. Pada batang tanaman ini juga dilengkapi akar-akar penghisap yang dapat digunakan sebagai organ penyerap zat makanan dari tanaman yang ditumpanginya. Tanaman yang ditumpanginya bisa berupa pohon kecil atau perdu.
Tali putri mempunyai daun yang dapat mengalami perubahan bentuk menjadi kecil seperti sisik. Bunganya berupa bulir, tegak, berwarna putih kekuningan, sedangkan buahnya merupakan buah buni, berbentuk bulat dan berbiji satu. Buah ini mudah sekali rontok.

Kandungan Kimia

Meskipun bentuknya kecil seperti rambut kuning, batang tali putri mengandung zat lendir; zat samak, senyawa alkaloid, saponin, dan gula alkohol dulsitol.

Manfaat untuk Kosmetik

Di samping batangnya dapat dipakai sebagai obat cacing, batang tali putri ini juga dapat dipakai sebagai bahan kosmetik. Terutama sebagai penyubur dan pencuci rambut. Sehingga tumbuhan yang semula merugikan ini masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk shampo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar